beberapa bula lalu aku pernah janji mau ngepost contoh dari RPP Integated yang pernah ku buat waktu aku semester 4 lalu. sebenarnya mungkin RPP ini sudah tidak berlaku lagi karena sebagian sekolah di Indonesia sudah menerapkan kurikulum 2013 yang otomatis format dari RPPnya pun berbeda. Tapi karena sudah janji, dan janji itu adalah hutang maka aku pun akan melunasinya dengan postingan ku ini. ya semoga saja dapat bermamfaat buat adik-adik tingkat ku yang mungkin bakalan dapat tugas yang sama. hehe.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SDN Sayap Aquila
Pokok Bahasan/Tema : Alam Sekitar
Kelas/Semester : III / 2
Alokasi Waktu : 2 × 35 menit (1 × pertemuan)
A. Standar
Kompetensi
IPA :
6. Memahami kenampakan permukaan bumi, cuaca,
dan pengaruhnya bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara
dan melestarikan alam.
IPS : 1.
Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan
sekolah.
PKN : 4.
Memiliki kebanggaan sebagai Bangsa Indonesia.
B. Kompetensi
Dasar
IPA :
6.1. Mendiskripsikan kenampakan
permukaan bumi di lingkungan sekitar.
IPS :
1.1 Menceritakan lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah dan sekolah.
PKN :
4.1. Mengenal kekhasan Bangsa Indonesia,
seperti kebhenikaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
C. Indikator
Kogniktif
·
Menjelaskan
bentuk permukaan bumi.
·
Mengidentifikasikan
contoh-contoh lingkungan buatan.
·
Menunjukan
hasil kekayaan alam di daratan.
Afektif
·
Melatih
kejujuran siswa dalam mengerjakan tugas.
·
Cakap
menyelesaikan masalah mengenai bentuk dan permukaan bumi
·
Melatih
ketelitian dalam menentukan contoh-contoh lingkungan buatan.
·
Memberi
contoh hasil kekayaan alam di daratan
Psikomotor
·
Menunjukan
contoh-contoh lingkungan buatan di sekitar sekolah.
D. Tujuan
Pembelejaran
Kognitif
1.
Siswa
mampu menjelaskan bentuk permukaan bumi.
2.
Siswa
dapat mengidentifukasi contoh-contoh lingkungan buatan.
3.
Siswa
mampu menunjukan hasil kekayaan alam di daratan.
Afektif
1.
Siswa
dapat melatih kejujuran dalam mengerjakan tugas.
2.
Siswa
cakap menyelesaikan masalah mngenai bentuk permukaan bumi.
3.
Siswa
dapat melatih ketelitian dalam menentukan contoh-contoh lingkungan buatan.
4.
Siswa
dapat memberi contoh hasil kekayaan alam di daratan.
Psokomotor
1.
Siswa
dapat terampilan menunjukan contoh-contoh lingkungan buatan di sekitar sekolah
E. Materi
Ajar
1.
Bentuk
permukaan bumi
2.
Lingkungan
buatan.
3.
Hasil
kekayaan alam di daratan.
F. Strategi
pembelajaran
1. Pendekatan :
Tematik
2. Metode :
Bercerita, tanya jawab, pemberian tugas
3. Model : integrated (keterpaduan)
G. Bagan
Keterhubungan
TEMA
|
Alam Sekitar
|
IPA
|
IPS
|
PKN
|
SK
6. Memahami kenampakan permukaan bumi,
cuaca dan pengaruh bagi manusia, serta hubungannya dengan cara manusia memelihara
dan melestarikan alam
|
SK
1. Memahami dan melaksanakan kerjasama di
sekitar rumah dan sekolah
|
SK
4. Memiliki kebanggaan sebagai Bangsa
Indonesia.
|
KD
6.1. Mendiskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan
sekitar
|
KD
1.1. Meceritakan
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah
|
KD
4.1. Mengenal kekhasan bangsa Indonesia, seperti
kebhenikaan, kekayaan alam, keramahtamahan.
|
INDIKATOR
·
Mendiskripsikan bentuk dan permukaan bumi.
|
INDIKATOR
·
Mengidentifikasi
contoh-contoh lingkungan buatan.
|
INDIKATOR
·
Mampu
menyebutkan hasil kekayaan alam di darat.
|
H. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1)
Kegiatan Awal (10 menit)
a. Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.(Lampiran
1)
b. Guru memberikan apersepsi dengan
bertanya tentang pengalaman yang dialami siswa sehari-hari. (Lampiran 2)
c. Guru kemudian memberi motivasi
terhadap respons siswa. (Lampiran 3)
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai.
e. Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
2)
Kegiatan Inti (50 menit)
a. Guru menjelaskan materi secara garis
besar dengan metode ceramah, sesuai dengan pembelajaran terpadu model integrated,, dan mengacu pada tujuan
pembelajaran. (Lampiran 4)
b. Guru meminta murid untuk
menjelaskan kembali bentuk permukaan bumi. (Lampiran 5)
c. Guru meminta murid untuk
menyebutkan apa contoh dari lingkungan buatan. (Lampiran 6)
d. Guru meminta murid untuk menyebutkan
hasil dari kekayaan alam yang terdapat di daratan. (lampiran 7)
e. Guru meminta murid menyebutkan
bentuk permukaan bumi yang ada di daerah mereka. (8)
f. Guru meminta murid untuk
mengamati lingkungan sekitar sekolah.
g. Guru meminta murid menyebutkan
lingkungan buatan yang mereka temui di sekitar sekolah. (9)
h. Guru menanyakan pada siswa hal-hal yang
telah dipahami dan belum dipahami dari materi pembelajaran yang telah diikuti.
3)
Kegiatan Penutup (10 menit)
a. Guru bersama siswa merangkum/menyimpulkan pelajaran. (Lampiran 10)
b. Guru melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram.
c. Guru memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran.
d. Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan
memberikan Pekerjaan Rumah (PR).
e. Guru menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya.
f. Guru menyampaikan sedikit tentang materi
yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. (Lampiran 11)
4)
Pekerjaan Rumah (PR)
a.
Menyebutkan beberapa kenampakan atau lingkungan buatan yang ada di sekitar
rumah. (Lampiran 12)
I.
Alat dan Sumber Bahan
Alat : Gambar-gambar
sumber energi.
Sumber belajar : Silabus kelas III, buku paket IPA kelas III BSE, buku paket IPS
kelas III BSE, buku paket PKN kelas III BSE.
J.
Penilaian
Prosedur
penilaian : penilaian proses dan
hasil
Jenis penilaian : penilaian proses dan hasil
Bentuk penilaian : tes tertulis (pilihan ganda dan isian)
Alat penilaian : soal tes formatif (terlampir)
Kunci jawaban : terlampir
Skor penilaian :
Nilai Akhir = N. PG + N. Isian = 100
1.
Penilaian Proses
Ranah Kognitif
No.
|
Nama Siswa
|
Indikator
|
|||||||||||
Keaktifan siswa
|
Ketepatan menceritakan
|
Ketepatan menunjukkan
|
|||||||||||
BS
|
B
|
C
|
K
|
BS
|
B
|
C
|
K
|
BS
|
B
|
C
|
K
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ranah Psikomotorik
No.
|
Nama Siswa
|
Indikator
|
|||||||||||
Kesungguhan dalam mengikuti pelajaran
|
Sikap saat mendengarkan penjelasan
|
Sikap saat menjelaskan/ bercerita
|
|||||||||||
BS
|
B
|
C
|
K
|
BS
|
B
|
C
|
K
|
BS
|
B
|
C
|
K
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Hasil
Soal:
(Pilihan Ganda)
1.
Tempat yang paling tinggi jika diukur dari permukaan laut adalah . . . .
a.
Dataran c.
Gunung
b.
Pantai d. Bukit
2.
Bagian sungai yang dekat dengan laut disebut . . . .
a.
Pantai c.
Hulu
b.
Muara d.
Danau
3.
Laut yang luas disebut . . . .
a.
Selat b. Teluk c.
Samudra d. Tanjung
4.
Sungai yang memperoleh air dari salju yang mencair disebut. . . .
a.
Sungai gletser c. Bengawan
b.
Sungai hujan d. Sungai campuran
5.
Alam semesta adalha ciptaan . . . .
a.
Manusia c. Tuhan Yang Maha Esa
b.
Nenek moyang d. Pahlawan
6.
Pohon-pohon yang ditanam di halaman sekolah bermamfaat untuk. . . .
a.
Pelengkap c. Peneduh dan Penyejuk
b.
Diambil kayunya d. Dipetik buahnya
7.
Contoh ketampakan atau lingkungan buatan adalah . . . .
a.
Waduk c. Gunung
b.
Sungai d. Laut
8.
Emas dan minyak bumi adalah kekayaan alam dari hasil . . . .
a.
Laut c.
Tambang
b.
Hutan d.
Menimbun
9.
Kekayaan alam dimamfaatkan untuk . . . .
a.
Orang kaya c. Pemerintah
b.
Orang miskin d. semua rakyat
10. Salah satu hewan yang menjadi
salah satu kekayaan alam kita dan saat ini dilindungi karena semakin adalah . .
. .
a.
Badak bercula satu c. Srigala
b.
Kucing d. Tikus
PENILAIAN
Nomor
Soal
|
Skor
|
1
|
4
|
2
|
4
|
3
|
4
|
4
|
4
|
5
|
4
|
6
|
4
|
7
|
4
|
8
|
4
|
9
|
4
|
10
|
4
|
Total
Skor
|
40
|
(Isian)
1.
Kelompok beberapa gunung disebut . . . .
2.
Tiruan bola bumi dalam bentuk yang kecil disebut . . . .
3.
Rumah, gedung, jembatan termasuk ketampakan. . . .
4.
Jembatan berguna untuk menghubungkan . . . .
5.
Kayu jati merupakan salah satu kekayaan alam dari . . . .
PENILAIAN
Nomor
Soal
|
Skor
|
1
|
12
|
2
|
12
|
3
|
12
|
4
|
12
|
5
|
12
|
Total
Skor
|
60
|
Banjarbaru, 25 Maret 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah SDN Sayap Aquila Guru
Kelas III
Drs. Hadi Suseno, M.Pd Yudhi Susanto, S.Pd
NIP. 19680513 198306 1 204 NIP. 19900414 201202 3 302
Lampiran 1
·
Guru
mengucapkan salam dan selamat pagi, kemudian meminta salah satu siswa untuk
memimpin doa dan memeriksa kerapian siswa.
·
Guru
mengabsen siswa.
|
Lampiran 2
“Anak-anak,
siapa yang pernah melihat gunung ? Bagaimana bentuk gunung itu anak-anak ? Terus siapa
yang rumahnya dekat dengan sungai ? dan biasanya kalo kita menyebrangi
sungai itu menggunakan apa anak-anak? Anak-anak siapa yang suka makan
buah-buahan ? buah-buahan itu terdapatnya dimana anak-anak?
|
Lampiran 3
“jadi
anak-anak gunung itu merupakan salah satu bentuk kenampakan alam, begitu
juga dengan sungai, nah kalo gunung itu salah satu kenampakan alam di
dataran sedangkan sungai itu kenampakan alam di perairan. dan biasanya saat
kita menyebarangi sungai, kita menggunakan perahu atau bisa juga
menggunakan jembatan. Jembatan itu termasuk dari lingkungan buatan
anak-anak. Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan hasil alam salha satu
hasil alam tersebut adalh buah tadi anak-anak, yang b iasanya terdapat di
perkebunan. Nah semua tadi itu dari gunung, sungai dan hasil kekayaan alam
itu merupakan anugarah dari Tuhan Yang Maha Esa, maka dari itu kita wajib
bersyukur dengan cara melestarikannya.
|
Lampiran 4
Berbagai
bentuk permukaan bumi
1.
Gunung
& pegunungan. Gunung adalah tanah yang menjulang tinggi ke atas dan
umumnya bebrbentuk kerucut atau kubah yang berdiri sendir, prgunungan
kumpulan beberapa gunung yang saling berdekatan
2.
Bukit
& perbukitan. Bukit juga tanah yang menjulang ke atas tetapi lebih
rendah dari gunung. Beberapa bukit dapat membentuk deretan yang disebut
perbukitan.
3.
Lembah.
Lembah merupakan tanah rendah yang luas di kaki gunung.
4.
Danau
. Suatu kumpulan air yang berada di dalam cekungan yang di kelilingi
daratan.
5.
Sungai.
Merupakan tempat air mengalir buatan alam. Mengalir dari hulu sungai ke
muara sungai dekat dengan laut.
6.
Laut.
Merupakan perairan yang luas dengan ciri khas airnya yang asin.
Bentuk permukaan bumi
tersebut terbagi menjadi dua wilayah, perairan daratan. Sungai, danau dan
laut merupakan bagian dari wilayah perairan, sementara gunung, bukit,
lembah bagian wilayang daratan. Benruk permukaan bumi tersebut bisa juga
disebut dengan kenampakan lingkungan alam. Tetapi di sekeliling kita juaga
terdapat kenampakan lingkungan buatan. Antara lain seperti : Waduk yang
dimamfaatkan untuk pembangkit listrik, irigasi, budidaya ikan air tawar,
dll. Lahan pertanian, tambak, pemukiman, dan perkebunan. Jadi lingkungan
buatan itu adalah lingkungan yang dibuat oleh manusia.
Di alam Indonesia banyak
sekali menyimpan kekayaan alam, baik di darat maupun di laut. Hasil hutan
dan penambangan merupaka hasil kekayaan alam di darat. Contohnya seperti buahana-buhan yang kita
makan, kayu jati yang di pakai sebagai perabotan rumah, emas sebagai
perhiasan merupakan contoh dari kekayaan alam yang ada di daratan
Indonesia.
|
Lampiran 5
Bentuk Permukaan bumi
terbagi dua wilayah, daratan dan perairan, contoh wilayah daratan seperti
Gunung, bukit, lembah, sedangkan wilayah perairan sungai danau dan laut.
|
Lampiran 6
Contoh lingkungan buatan
:
·
Jembatan
·
Waduk
·
Persawahan
·
Jalan raya
·
Kolam ikan
·
Perumahan
·
Taman bermain
|
Lampiran 7
Contoh kekayaan alam
yang terdapat di daratan.
Buah-buahan (hasil
kebun), padi, kayu jati, kayu ulin, hewan-hewan asli Indonesia seperti
badak bercula satu, harimau sumatra, bekantan, hasil tambangnyanya seperti
batu bara, emas, intan, dll.
|
Bentuk
permukaan bumi yang ada di daerah Kal-Sel,
1.
Pegunungan meratus.
2.
Gunung Khayangan.
3.
Sungai Martapura.
4.
Sungai Barito.
5.
Danau Shiren.
6.
Danau Biru.
7.
Laut Jawa.
8.
Dll.
|
Lampiran 9
Lingkungan buatan yang
ada di sekitar sekolah.
·
Pepohonan di halaman.
·
Kolam ikan di halaman.
·
Jalan raya di depan sekolah.
·
Bangunan sekolah.
|
Jadi permukaan bumi itu
tidak rata, karena ada wilayah dataran seperti gunung yang tinggi, bukit,
dan lembah, dan juga ada wilayah perairan yang rendah seperti sungai, danau
ddan laut.
Selain ada kenampakan
alam ada juga kenampakna lingkungan buatan di sekitar kita misalnya waduk
riam kanan, jembatan, jalan raya dll, yang mana itu semua di buat manusia
untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Dan seluruh alam
Indonesia menyimpan banyak kekayaan alam seperti hasil perkebunan, dan
hasil pertambangan .
|
Lampiran 11
·
Indoonesia memiliki iklim tropis, dan mempunyai dua musim,
musim kemarau dan penghujan. Kedua musim tersebut mempengaruhi cara
berpakaian kita.
|
Lampiran 12
Contoh
lingkungan buatan yang ada di sekitar rumah.
·
Waduk riam kanan
·
Irigasi
·
Jembatan irigasi
·
Jalan gang
·
Rumah-rumah tetangga
·
Selokan.
|
Kunci jawaban
Pilihan ganda
1. C
2. B
3. C
4. A
5. C
6. C
7. A
8. C
9. D
10.
A
Isian
1. Pegunungan
2. Globe
3. Buatan
4. Menyebrangi sungai
5. Hutan
0 komentar:
Posting Komentar